Simple not just a words

Tips Merawat Komputer

TIPS MERAWAT KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR


Di masa kini komputer sudah bukan hal yang jarang dikalangan manusia, terlebih lagi komputer juga di kenal sebagai perangkat elektronik yang serba bisa. Oleh karena itu kini banyak sekali mulai dari sekolah dasar hingga di kantor tempat bekerja sudah banyak sekali komputer digunakan.

Untuk itu pastilah kita sebagai pengguna komputer itu sendiri harus tau dan paham untuk merawat komputer yang kita gunakan tersebut.

Bila rusak kita akan dirugikan, maka lebih baik mencegah daripada memperbaiki, benar bukan?. Lalu bagaimana cara merawat komputer agar komputer kita tidak mudah rusak ataupun tidak mudah terkena virus dan dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Simak Tips berikut ini:

  
1. Lindungi Komputer anda dengan Antivirus:

Virus komputer tentu saja berbahaya kalau menyerang komputer kita, virus akan dapat merusak file sampai menggangu kinerja komputer itu sendiri. Ada beberapa ciri -ciri komputer yang terkena virus antara lain: File aneh muncul di desktop atau di tempat penyimpanan data (Harddisk, Flashdisk dan sejenisnya), komputer mendadak shutdown atau restart tanpa ada perintah sebelumnya.

Karena itu komputer yang kita gunakan alangkah baiknya di instal antivirus yang tentu nya mengikuti jaman jangan yang antivirus yang kita gunakan ketinggalan jaman karena tiap waktu virus akan terus berubah dan berkembang. contoh instal AVG 2016 Free untuk anda yang memerlukan perlindungan dari virus tanpa perlu membelinya, tapi lebih disarankan untuk mendapatkan antivirus yang berlabel "PRO / Full Version" tentu saja akan jauh lebih ketat perlindungan terhadap virus serta kelengkapan fitur yang dimiliki.


2. Jangan makan atau minum di dekat komputer:

Kerusakan yang terjadi umumnya dilakukan oleh pengguna itu sendiri karena ketidak hati hatian pengguna, seperti minum dekat dengan komputer yang mana tidak sengaja tertumpah dan  mengakibatkan minuman tersebut mengenai komputer tentu nya akan berakibat konsleting pada bagian tertentu. Jadi makan dan minumlah jauh dari komputer kesayangan anda bila tidak ingin terjadi kerusakan


3. Lindungilah komputer dengan firewall:

Khusus bagi anda yang selalu bersurfing ria di internet pastikan anda menggunakan firewall untuk menyaring file yang tidak sah atau jenis data berbahaya dari internet, jika anda ingin memakainya, Anda dapat menemukannya di toko-toko komputer.


4. Jauhkan benda bersifat magnet:

Khusus untuk melindungi Harddisk dari kerusakan jangan pernah menempelkan magnet pada harddisk bila tidak mau mengalami kerusakan.


5. Matikan komputer dengan prosedur yang benar:


Bagi orang yang baru pertama kali memakai komputer biasa nya hanya tau barang elektronik untuk mematikan nya cukup menekan saklar listrik yang tersambung atau mencabut kabel power , akan tetapi hal itu adalah salah khusus untuk komputer, laptop dan sejenisnya pastikan mematikan nya melalui prosedur yang benar dengan cara "Shutdown" terlebih dahulu untuk memastikan komputer mati dengan benar dan juga menghindari kerusakan pada perangkat keras komputer secara langsung.



6. Bersihkan perangkat keras (Hardware) komputer secara berkala:


Untuk menjaga performa komputer yang kita gunakan tetap maksimal tanpa ada nya masalah yang timbul pastikan bersihkan hardware seperti RAM, VGA Card, Heatsink Fan dan Motherboard. Cara membersihkan nya pastikan komputer tidak tersambung dengan arus listrik atau dalam keadaan menyala, kemudian bersih kan debu yang ada pada tiap bagian dengan kuas  ataupun blower hindari menggunakan air kalaupun ingin menggunakan air sebagai media pembersih pastikan keringkan hingga benar benar kering kalau masih ada air mungkin saja hardware akan rusak saat dinyalakan.


Sekian Tips yang dapat saya sampaikan untuk anda, pastikan rawat dan jangan terlalu over dalam menggunakan komputer atau laptop anda jika tidak ingin kerusakan terjadi pada kompter atau laptop kesayangan anda.
0 Komentar untuk "Tips Merawat Komputer "

Back To Top